SIARAN TELEVISI AJARKAN KEHIDUPAN HEDOINISTIS “memberikan dampak buruk terhadap remaja putri”

29 01 2009

Tayangan televisi yang menyuguhkan gaya hidup hedoinistis memberikan dampak buruk terhadap kehidupan remaja, terutama remaja putri. Bahkan berdasarkan penelitian, sebanyak 70%-90% remaja putri ikut terpengaruh dan mengikuti apa yang mereka saksikan di televisi, jumlah tersebut sudah cukup memprihatinkan. Terlebih saat ini mayoritas tayangan yang ada di media terutama televisi menyuguhkan hal-hal yang justru berdampak negatif.

Minim sekali informasi atau hal-hal yang berbau pendidikan, sebab hampir semua tayangan televisi, apalagi televisi nasional cenderung menayangkan hiburan, kekerasan, atau pornografi. Dan remaja putri adalah kalangan yang paling rentan. Coba lihat sekarang bagaimana cara berpakaian para remaja putri kita, cara mereka berbicara, serta gaya hidup mereka. Berdasarkan survei yang dilakukan KPID, tayangan yang mengandung unsur pendidikan saat ini hanya sekitar 8%-10%. Sisanya televisi menyuguhkan hiburan, infotainment, sinetron, dan lain-lain yang tidak memberikan nilai positif.

Padahal lembaga yang mengawasi tayangan di media, KPID berupaya meminimalkan tayangan yang bersifat negativf. Termasuk diantaranya dengan menegur sejumlah stasiun televisi yang menayangkan acara yang tidak mendidik, seperti penayangan sinetron anak kecil yang didalamnya berisi cinta, atau sinetron berkedok agama yang sebenarnya tidak memberikan nilai positif.

Selain menegur secara langsung kepada media yang bersangkutan, pihak-pihat terkait juga mengimbau kepada masyarakat agar mampu menyaring tayangan-tayangan yang boleh ditonton oleh anak-anak dan mana yang tidak boleh ditonton.

Untuk mencapai perseorangan agar mereka tahu dan mampu memilah-milah memang cukup sulit. Oleh karena itu, dimulai dengan cara mengumpulkan para guru agar mereka bisa memberitahukannya kepada siswa di sekolah. Dan begitu juga peran orang tua dirumah. Mudah-mudahan upaya ini mampu mengurangai dampak negatif tadi.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: